Road Trip ke Jakarta - Bali Menggunakan Toyota Soluna Part 01

Halooooo,

Karena ceritanya cukup panjang jadi akan saya bagi menjadi 2 Part ya.

Part 01

Part 02

Alhamdullillah nih pertama kali ke Bali sekeluarga langsung road trip naik mobil. Disini saya mau cerita pengalaman kami road trip sekeluarga menggunakan kendaraan roda 4 yaitu Toyota Soluna selama 5 hari. Yang kebetulan berbarengan dengan Jambore Nasional Toyota Soluna ke X yang bertempat di Denpasar, Bali, Indonesia.

Awalnya sih pengen naik pesawat supaya gak cape di jalan, mmm tapi kok sepertinya kurang seru ya event Jambore Nasional Toyota Soluna tapi gak bawa mobilnya. Akhirnya konsultasi bareng sama Buni dan memutuskan untuk Road Trip pake mobil dan ajak 3 anak kami. 6 dan 8 tahun dan juga newborn 9 bulan :D.

Mobil yang kami gunakan adalah Toyota Soluna tahun 2000 Tipe GLI 1500 cc, udah 23 tahun mobil ini lahir di Indonesia. termasuk kategori sedan agak tua ya,.. Awalnya sih deg deg an juga ya, mobil setua ini kita ajak jalan dengan jarak tempuh yang cukup jauh (2500 Km). Yowis Bismillah...

Tugas pertama adalah mempersiapkan kendaraan sebaik mungkin, mulai dari service kaki kaki, tune up mesin, spooring dan balancing ban, lampu cadangan, ban cadangan. Tools standar seperti kunci pas, jumper aki, dll. Kita sangat berupaya supaya tidak ada masalah berarti dalam road trip perjalanan ke Bali.

Tugas selanjutnya adalah mempersiapkan mental anak anak dan juga kami sebagai orang tua agar selama perjalanan kenyamanan tetap terjaga, khususnya untuk anak anak. Karena kadang kadang kita gak tahu si "cranky" tiba tiba datang tanpa dicari.

Untuk kenyamanan anak anak diperjalanan kita juga siapkan kasur mobil agar anak bisa selonjoran, tidur, bermain dengan lebih luas. Mempersiapkan mainan favorit anak anak kami dari mulai kertas dan spidol untuk menggambar, mainan action figure, selimut dan bantal, cemilan yang banyak untuk membuat perjalanan kami menjadi lebih nyaman terutama untuk anak anak.

Untuk mempersiapkan mental anak anak, kami pun juga sering menceritakan kepada anak anak bagaimana situasi perjalanan yang akan kita lalui supaya anak anak gak kaget di dalam perjalanan nanti. Mulai dari perjalanan panjang kita, lamanya perjalanan kita di dalam kendaraan, tempat tempat yang akan kita singgahi, dengan tujuan mempersiapkan mental anak anak untuk road trip kali ini. Jujur kami kira akan sulit sekali mengatur anak anak saat perjalanan tapi Alhamdullillah dimudahkan untuk anak anak juga, gak mudah bosan dengan sering bercerita, bernyanyi, tebak tebak an, makan cemilan, tidur di mobil.

Day 01:

Kami berangkat dari Jakarta pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 jam 05:00 subuh dari Jakarta dengan tujuan transit pertama di kota Surabaya. Perjalanan sangat lancar dan memakan waktu sekitar 12 jam sekitar jam 17:00 (774 KM) dan sampai ke Hotel Royal Darmo Surabaya untuk transit dan beristirahat. Gak lupa mengunjungi keluarga dan saudara yang ada di Surabaya, karena silaturahmi adalah salah satu cara untuk membuka pintu rezeki.

Day 02:

Esok pagi Jumat, 13 Oktober 2022 setelah sarapan sekitar jam (09:00 WIB) kami langsung menuju pelabuhan Ketapang di Banyuwangi sekitar 229 KM (17:00 WIB) untuk nyebrang ke Pulau Bali melalui pelabuhan Gilimanuk (19:00 WIT). Tujuan pertama di pulau dewata adalah Hotel Harris di Denpasar (23:00 WIT).

Dari Surabaya lanjut lagi Toll Trans Jawa dan keluar di pintu toll Probolinggo, ini adalah pintu tol terakhir pembangunan jalan tol Trans Jawa. Sekedar saran kita bisa istirahat sejenak pada Rest Area Utama yang ada di daerah Paiton, Situbondo. Rest Area ini sangat besar dan lengkap mulai dari SPBU, mini market, masjid, food court dengan beragam menu, toilet bersih, dan penginapan yang menghadap laut.

Nah dari sini kita akan melakukan perjalanan non toll sampai pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk menyebrang ke pulau Bali, dalam perjalanan ini yang menurut saya perlu diwaspadai adalah pada jalur Hutan Baluran/Taman Nasional Baluran karena disini benar benar hutan dan tidak ada warung sama sekali, jadi diusahakan melewati jalan ini sebelum maghrib. Jalannya sangat bagus untuk dilalui, tapi tetap waspada.

Sampai di Pelabukan Ketapang Banyuwangi sekitar pukul 17:00 WIB. Untuk ke Pulau Bali kita akan naik kapal Ferry, teman teman bisa melakukan pembelian tiket melalui website Ferizy.com atau beli ditempat saat antri sebelum masuk pelabuhan. Harga Tiket dihitung permobil yaitu Rp 214.000 sekali jalan. Di kapal Fery ada kantin dan ruangan ber AC.

Sampai di Pelabuhan Gilimanuk (19:00 WIT) teman teman harus mempersiapkan KTP dan SIM untuk pemeriksaan oleh Pak Polisi dan SatPol PP, juga membayar retribusi kendaraan. Perjalanan menuju Denpasar memakan waktu sekitar 4 jam dengan jarak tempuh 130 KM.

Perjalanan dari Gilimanuk menuju Denpasar ini terbilang cukup gelap, mirip mirip kalau kita dalam perjalanan Sukabumi lah kira kira. Perjalanan naik turun bukit, agak gelap, kanan kiri jarang ada perumahan. Mulai memasuki Denpasar barulah mulai ada penerangan jalan. Alhamdullillah sampai kita di Hotel Harris untuk beristirahat pada jam 23:00 WIT.

Kalau teman teman punya waktu yang lebih banyak saran saya akan jauh lebih baik kalau menginap semalam lagi di Banyuwangi. Jadi nyebrang ke Bali nya pagi hari, akan jauh lebih nikmat perjalanannya.