Bersihkan Kolam Ikan Tanpa Kuras Tanpa Listrik

 

 

Bersihkan Kolam Ikan Tanpa Kuras Tanpa Listrik

Hai semua apa kabar? Saya yakin semua sehat sehat sehat ya.

Mmm di masa WFH (Work From Home) itu banyak banget waktu yang bisa diselamatkan dari waktu terbuang di jalan karena kena macet saat jam berangkat kerja ataupun jam pulang kerja. Saya yang kerja dari rumah di Cilangkap ke Gatsu saja bisa butuh waktu 90 - 120 menit untuk perjalanan. WOOOOW!

Dan dari seringnya kerja di rumah, hobi hobi yang dulu gak pernah tersalurkan bisa kejadian. Tapi tetap kewajiban pekerjaan harus diselesaikan dengan sebaik baiknya. Mantap.

Salah satu hobi saya dirumah sekarang adalah mengurus kolam ikan dan hewan ikan peliharann tentunya, salah satu motivasinya adalah ternyata anak anak saya suka dengan hewan. Sekalian deh mengajari sikap baik sayang dengan binatang saya berinisiatif untuk membuat kolam ikan sederhana dengan ukuran 50 x 150 cm. Lumayan lah ada suara kricik air. 

Kesulitan diawal saya mengurus kolam ikan adalah bagaimana kolam ikan saya bisa lebih bersih, lebih jernih, dan tidak berbau yang menganggu. Apalagi kalau ikannya sudah mulai banyak, itu ikan ikan sampai gak keliatan karena airnya sudah kotor. Awalnya saya harus menguras air setiap hari, jadi buang air setengah kolam dan mengisinya kembali... wah lama lama bisa tekor air dan listrik nih.

Terus riset riset bagaiman caranya membersihkan kolam ikan dengan optimal di website dan youtube. Ternyata banyak banget caranya. Salah satu yang saya praktekan adalah bagaimana membersihkan kolam ikan tanpa kuras kolam dan tanpa listrik, bisa lebih hemat nih. Alat dan bahan yang harus disiapkan juga gak mahal kok, hanya butuh selang bangunan dan saringan ikan kecil. Modal 15 ribu sudah cukup. Teknik yang digunakan adalah teknik siphon dimana memanfaatkan sifat air yang selalu turun kebawah.

Kita bisa membuang kotoran kotoran yang ada di kolam ikan turun dengan sendirinya dengan bantuan selang. Kolam ikan rumahan ini biasa saya bersihkan 1-2 bulan sekali. Biasanya jika kolam sudah mulai mudah keruh, kolam mudah berlumut. Paling rajin sih bersihkan filter air kolam bisa 3-5 hari sekali. Mesin filter airnya bisa 1-2 bulan. 

Nah itu deh yang bisa saya sharing dari pengalaman saya dalam merawat ikan dan kolam nya. Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Main main juga ke Channel Youtube saya si Bapak Ngantukan ya. 



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu